makanan khas

On Rabu, 13 Agustus 2014 0 komentar


Makanan Khas Jombang
image
Ikan Bandeng Lezat Makanan Khas Jombang

Aku mencari dan terus mencari tentang makanan khas Jombang , akan tetapi saya malah bingung. Ada dari suatu sumber atau website itu menyebutkan Bakso, ada juga sego pecel, ada juga yang menyebutkan Soto Dok merupakan makanan khas Kota atau Kabupaten Jombang . Aku terus berusaha mencari dan berusaha mencari apa yang sebenarnya menjadi ciri-ciri khusus makanan kota atau Kabupaten Jombang. Ini dari berbagai referensi yang menurutku relevan, yaitu dari http://id.wikipedia.org/ menyebutkan, "...Nasi pecel, Untuk mendapatkan makanan khas Jombang , tidaklah sulit. Pemerintah Jombang tengah menggodok dan memunculkan banyak potensi daerahnya. Salah satu makanan khas Jombang yang sangat disukai adalah Sego Pecel. Makanan ini disukai oleh berbagai lapisan masyarakat Jombang . Dan semua masyarakat Jombang sangat menikmati Nasi Pecel ini sebagai sarapan di pagi hari. Selain harganya murah, Sego Pecel juga mudah diperoleh di warung-warung, kedai, pasar, dan di restauran. Sego Pecel khas Jombang yang terkenal adalah Sego Pecel Mbok Rodh..."

Banyak di antara para wisatawan selalu menyempatkan diri untuk mencicipi masakan khas Jombang tersebut. Selain itu ada juga oleh-oleh khas Jombang yang bisa dibawa pulang seperti Jenang Kelapa Muda, Krupuk Tempe, Sambel Pecel bungkus Instant, Peyek Bayam, dll." Pada http://id.wikipedia.org/ juga menyebutkan "Soto Dokk" sebagai makanan khas Jombang.
Tidak berhenti sampai di situ saja, saya tetap mencari dan tetap mencari tentang makanan khas Jombang , akhirnya pada website maziman.wordpress.com/ menyebutkan, "...Isinya standard menu soto dhog, nasi putih berkuah soto yang berisi daging sapi, ditaburi sedikit tauge pendek, dan terkahir diberi bumbu yang ditaruh di sebuah botol..." Selain itu, pada website ini juga menyebutkan, "Memang Soto Dok Sotonya Kota Santri Jombang. "
Pencarian tetap saya lakukan, waktu tak pernah berhenti tetap berjalan, akhirnya saya menemukan hal yang agak aneh di sebuah alamat website ini gupal.blogspot.com/. Asing terdengar dan aneh di telinga. Ada makanan yang bernama "KUE GUPAL". Kue gupal disebut juga dengan jenang GUPAL. Kue Gupal, Dapat Menghangatkan Badan. Jenang Gupal Terbuat dari Rempah-rempah.
Pada suatu blog atau website, aku temukan lagi makanan khas jombang yang juga tak kalah aneh dan menurutku memang berbeda dengan daerah lain, yaitu "KRIPIK LUNTAS". KRIPIK LUNTAS khas jombang ini aku temukan di insanikonsultan.blogspot.com/. Di halaman website atau blog ini disebutkan bahwa beluntas memiliki banyak manfaat. Karena khasiatnya, tanaman beluntas sudah sejak dulu dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional. Berikut ini beberapa manfaat dari beluntas (luntas) antara lain Mengobati Demam, Menghilangkan Bau Badan, Mengatasi Rematik, Mengobati Keputihan, Mengobati Hipertensi, Mengatasi Haid Tidak Teratur, Menghilangkan bau mulut, Kurang nafsu makan, Gangguan pencernaan pada anak, TBC kelenjar (skrofuloderma), Nyeri pada rematik, nyeri tulang (osteodinia), sakit pinggang (lumbago) dan lain sebagainya. Ternyata selain memiliki banyak manfaat, beluntas bisa dijadikan makanan khas suatu daerah.

Di blog atau website kulinerjombang.blogspot.com/ saya temukan berbagai macam kuliner yang ada di Jombang , antara lain : Roti Chotti, Bakso Jombang Bakso Mama, Kikil Mojosongo dan juga ada Sate Gule Ringin Contong. Dari beberapa nama makanan yang aneh di atas, memang ada ciri khusus mengenai sebutan nama yang aneh itu. Tapi, anda tidak perlu kawatir, meskipun aneh namanya tapi rasanya sungguh luar biasa enaknya. Anda bisa datang ke kabupaten Jombang atau Kota Jombang dan menikmati berbagai kuliner yang ada di Jombang.

Ternyata Jombang memiliki makanan khas yang unik dan berbeda dengan daerah lain. Dengan adanya beberapa macam makanan daerah asli Jombang di atas, ada lagi yang tidak kalah unik dan lezat tentang makanan asli khas jombang. Makanan khas Jombang yang juga sangat enak dan lezat adalah Ikan Bandeng Khas Jombang . Ikan bandeng Khas Jombang diolah dengan baik dan dipadukan dengan bumbu yang istimewa. Rasanya sungguh luar biasa enak dan lezat. Anda bisa menikmati makanan khas Jombang dengan segera datang ke wilayah Jombang , Jawa Timur, Indonesia.




sumber : http://st289324.sitekno.com/article/94138/makanan-khas-jombang.html

0 komentar:

Posting Komentar